bigbang

bigbang

Thursday, November 26, 2015

Drama Korea Tak Sampai Akhir, Menyerah Sebelum Usai

Secandu-candunya dengan drama korea ada kalanya nemu drama yang nggak sesuai selera. Bukan jelek ya, nggak cocok dengan selera saja. Pertimbangan dalam nonton drama ala saya biasanya adalah cast-nya dulu, kedua ceritanya, ketiga promonya, keempat jumlah episode, kelima chanelnya. Kenapa cast? Orang-orang ini yang akan saya lihat sepanjang drama, orang-orang yang menghidupkan tokoh-tokoh dalam cerita, kalau sama castnya aja nggak suka gimana dong? Kedua cerita, termasuk judul, nama sutradara, dan penulisnya. Ketiga promo, drama yang dipromo besar-besaran adalah drama yang biaya produksinya besar, kecil kemungkinan dramanya akan sembarangan dan mengecewakan. 

Walaupun sudah melewati pertimbangan standart ini pernah juga nemu drama yang nggak sesuai selera. Beberapa drama tetap selesai ditonton, tapi ada kalanya tidak bisa dipaksakan. Beberapa drama ini benar-benar tidak berhasil saya selesaikan hingga saat ini.


Missing You (2012)

Drama ini bagus, beneran bagus. Episode awal saat Yoo Jin Goo (as Jung Woo) dan Kim So Hyun (as Soo Yeon) beradu akting  benar benar membuat larut. Air mata rasanya nggak bisa berhenti ngalir. Pikir saya, biasa, drama korea bakal sedih di episode awal. Antusiasme nonton drama ini berlanjut sampai episode saat Jung Woo (Park Yoo Chun) dan Soo Yeon (Yoon Eun Hye) sudah dewasa dan bertemu lagi setelah sekian lama. Prediksi salah, drama ini tipe drama yang "gelap", sediiiih melulu. Drama ini mulai terasa melelahkan, mungkin juga saya yang kelelahan karena terlalu larut. Butuh energi besar untuk menonton drama ini, juga butuh pikiran yang jernih biar nggak baper. Drama ini bikin perasaan jadi nggak enak dan saya menyerah di episode pertengahan.


Pretty Man (2013)

Bisa dibilang saya adalah Uaena. Jadi secara cast drama ini menarik. Episode awal drama ini menyenangkan, lucu, sangat komikal. Tapi serangkaian “tugas-tugas” yang harus dikerjakan Dokgo Ma Te (Jang Geun Suk) terasa membosankan. Satu tugas selesai, tugas lagi, tugas lagi. Memang tugasnya berbeda-beda, tokohnya berbeda beda, tapi motifnya jadi monoton. Kakarter Kim Bo Tong (IU) memang unik dalam drama ini tapi entah mengapa tak berhasil menjadi sesuatu yang memaksa saya menyelesaikan drama ini. 

Blood (2015)


Agak jahat saya sama drama ini, maaf buat yang suka. Tapi ampun deh drama ini...capek nontonnya. Alur ceritanya lambat banget, banyak adegan yang nggak perlu. Dua pemeran utamanya nggak ada chemistrynya. Ahn Jae Hyeon pertama kali pegang peran utama, peran dokter sekaligus vampire jelas bukan hal yang ringan buat siapapun. Wajar jika masih kurang percaya kalau dia dokter hebat seperti percaya sama Lee Jong Suk (Doctor Stranger), kurang percaya juga kalau dia vampire seperti Lee Soo Hyuk (Scholar Who Walks The Night). Lebih buruk karena Go Hye Sun main setengah hati mungkin ya. Saya bertahan nonton drama ini sekitar 8 episode dan selama episode itu cerita masih berputar-putar dan gitu-gitu aja.

Heart It Through The Grapevine (2015)


Lee Joon dan Go Ah Sung. Awalnya drama ini enak ditonton, ceritanya tegas dan cepat. Drama ini menyenangkan, komedinya dapet, dramanya juga dapet. Ada hal-hal kecil yang justru menyayat hati, khas genre romatic comedy. Satire-satire soal kritik sosial cukup terasa dalam drama ini.  Tapiiii setelah sekitar 10 episode cerita melambat, konflik yang sama diulang-ulang, muter muter dan itu itu aja. Drama yang lugas di awal ini terasa berubah stylenya secara tiba-tiba. cerita seperti ditempel dan ditambal sana sini biar jumlah episeodenya banyak. Baru sadar ternyata bakal tamat di episode 32 (dan baru tahu ternyata selesai di episode 30), hahaha...saya masih kuat nonton sampai episode 18an, tapi setelahnya saya menyerah.

Menuliskan tentang ini bukan berarti menyebarkan penilaian bahwa drama ini jelek dan nggak layak tonton ya...Ini sekedar sharing pengalaman saya yang nggak sanggup menonton drama tersebut sampai episode terakhir. Mungkin drama-drama ini justru menunjukkan kekuatnnya saat saya sudah tidak menonton??? Bisa saja.

No comments:

Post a Comment