bigbang

bigbang

Tuesday, November 24, 2015

Film Korea: Bikin Sedih Bikin Nangis



Lagi pengen nonton film korea yang sedih-sedih? Lagi pengen cari alasan buat nangis-nangis? Atau lagi butuh catharsis-sasi? Film korea banyak benget, lagi ngecek teaser satu per satu, atau mau nebak dari judulnya? Sering sih dapat film bagus dari hasil perbuatan seperti itu, tapi sering juga dapat film bagus gara-gara rekomendasi orang lain. Maka dari itu, kali ini saya mau bagi-bagi info soal film (film ya,, bukan drama ^^) korea “bikin nangis” yang pernah saya tonton. 


1.       Wedding Dress (2010)

Film tentang anak dan ibunya ini bikin nangis, kayanya nggak manusiawi kalau berhasil nonton film ini tanpa air mata. Ceritanya emang standart sedih ya, seorang anak, Jang So Ra (Kim Hyang Ki) yang ibunya sakit parah. Tapi yang hebat film ini tidak terjebak untuk mengeksploitasi ibu yang tebaring sakit dan anak yang menangis berderai derai. Sikap si anak yang keras kepala dan ibu yang berusaha menyiapkan anaknya untuk hidup tanpanya membuat tangis akan pecah di sana sini. Titik titik sedihnya nggak dipaksa muncul, dan tangis penonton justru akan pecah di adegan-adegan sederhana yang sehari-hari.  

2.       Maundy Thursday


Film tentang seorang tahanan pria Jung Yoon Soo (Kang Dong Won) yang akan dihukum mati dan seorang perempuan, Moon Yoo Jung (Lee Na Young) yang berkali-kali mencoba bunuh diri. Keduanya kemudian dipertemukan oleh seorang rohaniwati yang bertugas dipenjara yang kebetulan adalah bibi Moon Yoo Jung. Melalui pertemuan-pertemuan yang dijadwalkan oleh si suster kedua orang ini menjadi dekat dan saling bercerita mengenai rahasia masing-masing. Cerita masa lalu kedua tokoh ini cukup bikin nangis, kedekatan keduanya yang berjalan pelan pelan dan wajar membuat hubungan mereka terlihat manis, dan banjir air mata akan terjadi saat Moon Yoo Jung berusaha menyelamatkan Jung Yoon Soo dari hukuman mati.

3.       A Long Visit


Film tentang hubungan ibu (Kim Hae Sook) dan anak perempuannya Ji Suk (Park Jin Hee). Seorang anak perempuan mengerti bahwa ibunya sangat menyayanginya meskipun kadang sikap ibunya berlebihan. Namun, sebagai anak yang masih muda ia kadang tidak nyaman dengan sikap ibunya. Konflik ibu dan anak muncul dari sini, sederhana tapi menyentuh hati. Beranjak dewasa si anak meninggalkan ibunya untuk bersekolah di kota. Kehidupan kota membuatnya mulai menyadari betapa banyak ibu membantu hidupnya, betapa ibu sayang padanya. Kehidupan kota juga yang membuatnya larut dan seolah memiliki kehidupan sendiri. Sampai akhirnya sesuatu terjadi dalam hidupnya dan dia merasa harus kembali pada ibunya.

4.       Missing You (Kara: Secret Love)

Ini bukan film layar lebar tapi film televisi, ada yang bilang ini dua episode tapi saya hanya menemukan satu episode dan cerita berakhir memang satu episode itu. sedikit memaksa memang menempatkannya di sini, tapi ftv ini sukses bikin saya tetap nangis walaupun sudah tiga kali menontonnya. Ftv ini bercerita tentang Ji Hye (Han Seung Yeon) yang baru merasakan cintanya pada Hyun Woong (Yeon Woo Jin) setelah Hyun Woong meninggal. Ia juga merasa hidup Hyun Woong menjadi buruk karenanya. Ia kemudian kembali ke masa lalu untuk mengubah takdir, Ia ingin Hyun Woong hidup dengan baik.

5.       Thread of Lies

Kehidupan sekolah Cheon Ji (Kim Hyang Ki) tidak berjalan baik. Ia menjadi murid yang dikucilkan. Salah satu temannya Hwa Yeon (Kim Yoo Jung) terus saja membullynya. Cheon Ji adalah anak yang tertutup, ia berusaha bercerita pada ibu dan kakaknya tapi ia tak bisa. Cheon Ji memutuskan untuk bunuh diri. Kesulitan hidup Cheon Ji baru mulai terungkap saat kakaknya Man Ji (Go Ah Sung) mencari tahu lewat gulungan benang yang ditinggalkan Cheon ji untuk orang-orang.

6.       Way Back Home 

Jung-Yeon(Jeon Do-Yeon) dan Jong-Bae (Go Soo) terlilit hutang karena ulah teman jong Bae. Kehidupan mereka yang jadi sulit membuat Jung Yeon menerima pekerjaan sebagai kurir permata dari Perancis. Jong Bae sebenarnya sudah curiga dan menolak pekerjaan itu tapi Jung Yeon yang khawatir dengan kehidupan anaknya, Hye-Rin (Kang Ji-Woo), menerima pekerjaan itu. Bukan permata yang dibawa Jung Yeon tapi narkoba. Ia kemudian tertangkap dan dipenjara. Kehidupan selama dipenjara, kesulitan bahasa, dan kedutaan besar yang tidak peduli bikin sedih, ditambah lagi dengan kehidupan anak dan suaminya yang juga sulit. Drama ini cukup bikin sedih.



Masih banyak film korea yang bikin sedih, bikin nangis, tapi itu dia 6 judul yang masih keinget terus gimana heboh tangisan saya.

No comments:

Post a Comment