bigbang

bigbang

Thursday, July 21, 2016

Descentdant Of The Sun, akankah demam DOTS meluas?


Drama Korea memang selalu punya penggemar di Indonesia, tapi juga harus diakui tayangan drama di tv tv nasioal kurang mendapat respons yang meriah layakya zaman drakor punya jam tayang khusus di Indosiar. Drakor kembali membuat kejutan saat The Heirs mendapat respons meriah saat tayang di RCTI, drakor seperti kembali mendapat tempat di tv nasioal, tapi sayang RCTI berubah kembali ogah-ogaha menayangkan drakor saat rating Pinocchio tak sebaik The Heirs. Jam tayang diubah sesuka hati, dan waktu tayang menjadi super duper singkat, hingga akhirnya menghilang sebelum tamat. 
 
Namun, sepertinya RCTI kembali tertarik degan drakor yang ratingya di Korea cukup fenomenal, DOTS. Demam DOTS memang sudah berakhir di Korea. Kebayakan penggemar drakor juga pasti sudah nonton drama ini sampai habis. Tapi, melihat promo DOTS di RCTI, rasaya bukan nggak mugkin demam DOTS akan menyerang Indonesia secara lebih luas. 

Sebelum bicara soal faktornya, lebih seru kalau disimak dulu sinopsis singkatya. Yoo Shi Jin (Song Joong-Ki) adalah seorang tentara pasukan elit Korea Selatan. Sementara Kang Mo Yeon (Song Hye-Kyo) adalah seorang dokter di rumah sakit di Korea Selatan. Keduanya bertemu karena sebuah kasus. Sejak pertemuan pertama itu Yoo Shi Jin dan Kang Mo Yeon sudah saling tertarik. Kang Mo Yeon memilih mejauh dari Yoo Shi Jin karena dunia mereka yang begitu berbeda. Kedua orang ini terpisah. Namun, keduanya kembali bertemu ketika sama sama mejalakan tugas di negara asing. Kisah cinta Yoo Shi Jin dan Kang Mo Yeon dimulai kembali.

Sementara itu, Seo Dae Young (Jin Goo), sahabat Yoo Shi Jin juga punya kisah cinta yang menarik. Kisah cintanya degan Yoon Myeong Joo (Kim Ji Won), putri seorang letnan jenderal, berjalan bersamaan degan kisah cinta Yoo Shi Jin dan Kang Mo Yeon.


  • Drama: Descendants of the Sun (English & literal title)
  • Revised romanization: Taeyangui Hooye
  • Hangul: 태양의 후예
  • Director: Lee Eung-Bok, Baek Sang-Hoon
  • Writer: Kim Eun-Sook, Kim Won-Suk
  • Network: KBS2
  • Episodes: 16
  • Release Date: February 24 - April 14, 2016
  • Runtime: Weds. & Thurs. 22:00
  • Language: Korean
  • Country: South Korea
Faktor apa saja yang membuat DOTS menarik untuk penoton indonesia?

1.    Song Hye Kyo

Song Hye Kyo bukan sosok asing untuk penoton tv Indonesia. Drama Autumn In My Heart atau yang populer degan judul Endless Love di Indonesia pernah begitu populer dan tentu saja wajah Song Hye Kyo yang berperan sebagai Eun Seo masih sangat dikenal. Drama Full House juga sangat populer di Indonesia, dan peran Song Hye Kyo sebagai Han Ji Eun juga membuat wajahnya selalu diningat. Dua drama Song Hye Kyo sangat populer di Indonesia, bukan tidak mungkin namanya akan kembali memuat DOTS mengikuti jejak dua drama tersebut. 
2.    Song Song Couple


Buka rahasia jika penonton Indonesia sangat senang degan rumor pacaran antara couple dalam drama. Dan rumor pacaran antara Song Joong Ki dan Song Hye Kyo sepertinya juga akan menarik untuk penonton Indonesia. 

3.    Pure Cerita Cinta


Kenapa di Indonesia The Heirs menarik dan tidak degan Pinocchio? The Heirs adalah soal cerita cinta, sederhana, sementara Pinocchio bicara soal media, soal dendam, soal keluarga, cinta, dan bayak hal. DOTS termasuk yang lebih banyak bicara soal cinta. Hubungan Yoo Shi Jin dan Kang Mo Yeon tidak begitu rumit, menjadi rumit karena Yoo Shi Jin punya pekerjaan yang penuh risiko. Penonton tidak akan dipusingkan soal politik, soal intrik intrik di ruang bedah, dan hal hal lain karena hal lain di luar cinta hanyalah bumbu dalam drama ini, porsinya kecil dan sama sekali tidak rumit. Suasana drama DOTS juga cukup pas, tidak sedih berlebihan juga tidak tegang berlebihan.

4.    Karakter yang tidak kekanakan

Bisa jadi DOTS akan menarik untuk penonton yang lebih dewasa karena drama ini bukan tipe drama yang karakter utamanya terlalu “kekanakan”. Juga bukan drama cinta yang penuh adegan perdebatan dengan suara tinggi. Walaupun ini juga bisa jadi malah kurang menarik untuk kaum ibu ibu hehehehe

5.    Second Couple yang kuat


DOTS sama sekali tidak bicara soal cinta segitiga atau segiempat atau segi segi yang lain. Secod lead male dan secod lead female adalah couple yang berbeda. Dan second couple ini juga punya cerita cinta yang menarik. 

6.    Bahasa yang mudah dipahami

Drama Korea memang bukan sinetron Indonesia yang bisa ditonton dengan merem. Tidak seperti sinetron yang jelas jelas aktornya sudah tersandung batu dan jatuh, masih ada dialog “gue kesandung batu dan jatuh”, drama Korea sudah lebih baik soal ini. Bahasa tubuh, simbol, dan sebagainya juga banyak digunakan dalam DOTS. Kata-kata dalam dialog kadang juga bukan kata kata yang sederhana, namun bukan hal yang sulit untuk dipahami. 

7.    Enam belas episode saja

Penonton Indonesia yang mulai jenuh dengan sinetron yang tiada akhir episodenya, DOTS benar benar hanya enam belas episode. Entah akan dibagi menjadi berapa episode ketika tayang di Indonesia nanti, tapi aslinya DOTS hanya sepanjang itu. 


Secara sederhana DOTS akan menarik perhatian penonton Indonesia karena aktris dan aktornya yang cakep cakep, salah satunya Song Hye Kyo yang dua dramanya populer di Indonesia, DOTS punya cerita yang tidak terlalu rumit namun menarik, selain itu DOTS adalah tipe drama yang cocok untuk usia remaja dan dewasa. Demam DOTS mungkin juga akan sampai ke Indonesia. Dan semoga bisa membawa efek yang baik ke dunia persinetronan Indonesia.


No comments:

Post a Comment